Anda berhak mendapat udara segar! Atasi problem bau ruangan Anda segera! Tel : 085697872911

Search
Search:
News
22 Juni 2016
9 GREEN PROGRAMS
Dibawah ini 9 Green Program agar tercipta lingkungan yang lebih hijau dan bersih untuk kehidupan anak cucu kita, antara lain : detail

22 Juni 2016
PEMANASAN GLOBAL DAN UPAYA-UPAYA SEDERHANA DALAM MENGANTISIPASINYA
Oleh: P. Nasoetion (Jaringan Hijau Mandiri) detail

21 Juni 2016
Manfaat dan Tujuan Bekerja dalam Tim
Manfaat Dan Tujuan Bekerja Dalam Tim, mudah-mudahan ilmu ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Berikut adalah penjelasannya : detail

21 Juni 2016
CARA MENJAGA KEBERSIHAN DI RUANG KERJA
Dunia kerja membutuhkan kebersihan untuk kenyamanan dalam setiap orang bekerja. Tanpa ruang kerja atau tempat kerja yang bersih maka perasaan nyaman saat bekerja tidak diperoleh. Jika perasaan nyaman tidak diperoleh oleh staf dan karyawan maka jelas akan menurunkan produktifitas kerja yang pada akhirnya akan menurunkan produktifitas perusahaan. Kondisi ini tentu tidak diinginkan oleh siapapun tak terkecuali managemen perusahaan. detail

» index berita

ODOUR BUSTER - OZONIZER » Aplikasi Odour Buster Ozonizer

Urut berdasarkan

Aplikasi

Ozon adalah sterilisator yang paling kuat didunia dan secara komersial telah digunakan untuk membunuh bakteri, virus, jamur dan bau. Ozon terdiri dari 3 atom oksigen (O3). Bilamana ozon bertemu dengan bau, bakteri atau virus, extra atom dari oksigen akan menghancurkannya dengan oksidasi. Di dalam proses ini extra atom juga terurai dan tidak ada lagi yang tinggal. Tidak ada bau, tidak ada bakteri, tidak ada virus, tidak ada extra atom, yang tinggal hanya oksigen.
detail

Terjadinya dan cara kerja Ozone

Ozon terbentuk dari oksigen yang terkena corona discharge seperti petir ataupun oksigen yang tekena sinar UV.

Meskipun ozone sangat kuat, ozone tidak dapat bertahan lama. Ketika dihadapkan dengan bebauan, bacteria atau virus, atom oxygen tambahannya menghancurkan semuanya melalui proses oksidasi. Dalam melakukan hal tersebut, atom oxygen tambahan tersebut hancur dan tidak ada lagi yang tersisa, tidak ada lagi bebauan, tidak ada lagi bacteria, tidak ada lagi atom tambahan, hanya oksigen.

Sebagai tambahan efektifitas ozone, kita juga mengetahui bahwa ozone aman untuk digunakan. Kita mengetahui hal ini dari exposure kita sehari hari terhadap ozone, cuaca, terjebak di kemacetan, atau melewati kawasan industri yang terbukti aman. Exposure ini terbukti tidak memiliki efek terhadap diri kita selain bebauan yang tidak sedap yang ada di udara kotor terserbut. Ozone sangatlah aman karena kita menyadari bebauan yang tidak sedap tersebut yang sebenarnya telah merupakan sisa sisa. Sisa sisa dalam hal ini maksudnya adalah jumlah ozone yang dihasilkan yang melebihi jumlah yang dibutuhkan untuk menghilangkan kontaminasi apapun yang ada di sebuah ruangan.
detail

Type/ Model Ozonizer

- Ozonizer dengan Corona Discharge (ECO-AIRE 3600/5000)

ECO-AIRE SA3600/5000 ozon generator menghasilkan ozon dengan corona discharge menggunakan teknologi plat mika. Digunakan untuk membersihkan udara yang terkontaminasi dari bau dan polusi dengan cara kerja memecahkan dinding-dinding molekul dari microba dan bau-bauan. Hasilnya adalah udara bersih yang bebas bau dan segar.

ECO-AIRE SA3600/5000 bisa digunakan pada level rendah untuk membersihkan udara agar udara menjadi segar. Konsentrasi ozon yang rendah juga membantu membunuh bakteri di udara dan menghilangkan bau. Pada konsentrasi ozon yang tinggi, ozon dapat digunakan untuk mensanitasi ruangan-ruangan dari bakteri, jamur, virus dan bau-bauan. Ini disebut "Shock Treatment" dimana bukan hanya menghilangkan bau tetapi juga sekaligus membunuh sumbernya. Pada kondisi ini ruangan harus dikosongkan.


 

SPECIFICATION FOR SA3600 & SA5000 OZON GENERATOR
Generation method Corona discharge using mica plate technology
Supply Gas
dry ambient air
Min. Ozone Output 1000 mg/hr with 1 plate, can be
Upgraded with 4 additional plates
Max. Ozone Output
3600 mg/hr (SA3600)
5000 mg/hr (SA 5000)
Control Options



on-off push button switch,standard on all models, together with fully variable ozone output control (12 hrs timer control optional)
Electrical 0.5 A, 60 W 120/1/50 or 60
0.2 A, 50 W 240/1/50 or 60
Fan Size
105 cfm
Dimensions 128 W x 158 H x 525 L (mm)
Construction stainless steel inner chassis with a high impact extruded PVC cabinet
Special Features The ECO-AIRE SA 3600/5000 ozonator comes equipped with 4", ozone output and fresh air input, spouts.
These spouts can be hooked up to a driver vent hose or a 4" thin-walled sewer pipe. This feature allows the installer to route clean dry air into the ozone generator or raoute the ozone to where it is needed.


- Ozonizer dengan UV Lamp (UV 1000, UV 2000, UV 3000)

SPECIFICATION FOR UV TYPE
UV 1000 UV 2000 UV 3000
UV Lamp 1X18W Lamp 2x18W Lamp 3x18W Lamp
Power Supply
230Vac or 12Vdc 230Vac or 12Vdc 230Vac or 12Vdc
Power Consumption
27W 45W 63W
Dimensions (mm) :
435LX130WX130H 435LX130Wx130H 435LX130Wx130H
ECO-Aire Ozonizer ketika dipasang dengan benar, tidak akan melewati batas yang ditentukan oleh pemerintah mengenai exposure berkepanjangan yang aman. Meskipun tidak dipasang dengan benar, ozone akan mengingatkan kita seperti layaknya ruangan yang penuh dengan asap. Ozone melakukan hal ini dengan menjadi sangat kuat sehingga pada 1.5 part/million kita tidak dapat tinggal diam dalam ruangan tersebut meskipun hanya untuk waktu yang singkat. Hal ini persis seperti kita memasuki ruangan yang penuh dengan asap. Tetapi, jika asap dapat membunuh kita, research membuktikan bahwa exposure terbatas terhadap level ozone yang begitu rendah tidak akan menyebabkan efek yang serius dalam jangka panjang seperti halnya ketika kita terjebak dalam kemacetan dalam jam sibuk. Dengan contoh tersebut, peralatan ini juga tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan ozone yang cukup banyak sehingga meskipun tidak dipasang dengan benar dan dibiarkan menyala terus terusan, tidak akan menyebabkan resiko terhadap kesehatan anda dalam jangka panjang, dengan catatan kalau anda masih dapat berdiri di sana dan menghirupnya (seperti contoh ruangan berasap).
 
detail

Aplikasi Ozonizer

DI  KAMAR HOTEL DAN MOTEL (DEODORISASI)

Bebauan yang ditinggalkan oleh tamu dapat dengan efisien dan cepat dihilangkan dengan menggunakan ozonizer. Kamar kamar ini biasanya dapat dihilangkan baunya dalam 10-30 menit untuk rokok atau alcohol, dll. Biarkan udara mengalir keluar dari ruangan dengan membuka jendela selama 1-2 jam sebelum masuk kembali. House keeper sebaiknya juga mem-vacum area yang terkontaminasi (muntahan, susu yang tumpah, bir yang tumpah) dengan detergen yang baik beberapa saat sebelum dilakukan proses deodorisasi. Letakkan ozonizer pada counter dan nyalakan, biarkan beroperasi selama 30-60 menit. Matikan unit dan biarkan ruangan kosong selama 2-4 jam. Jika ada bebauan yang tersisa, lakukan deodorisasi sekali lagi selama 1 jam. Selain digunakan untuk house-keeping, ozonizer dapat juga digunakan untuk membersihkan polusi udara di setiap ruangan dan koridor jika ac hotel menggunakan system sentral. Letakkan unit di dalam kompartmen fan AHU jika memungkinkan, atau di dalam duct supply-return udara. Jika AHU memiliki return-udara yang terbuka, dan digunakan sebagai PLENUM, maka letakkan unit di dinding mengarah ke bagian return-udara. Kontroller ozone sebaiknya juga digunakan untuk memastikan level aman ozone tidak terlewati. Kontroller akan melakukan cycle on dan off sesuai kebutuhan untuk menjaga dan mengkontrol ozone dalam level yang pas. Jika kontroller tidak digunakan, aturlah ozonizer sampai masalah baunya dan ozone tidak terdeteksi. Mulailah dengan level rendah dan dinaikan secara perlahan2.

PUB, DISCOTHEQUE, NIGHTCLUBS, RUANGAN MEROKOK
(Bergantung pada ukuran ruangan dan level kontaminasi)

Ukuran ozonizer harus disesuaikan untuk setiap area, level kontaminasi, dan prediksi jumlah perokok. Unitnya sebaiknya digabungkan dengan air handling system seperti dijelaskan diatas untuk memastikan distribusi yang baik. Kontroller ozone juga sebaiknya digunakan untuk memastikan level aman. Jika tidak, anda harus mengatur secara manual sampai bau ozone tidak terdeteksi. Satu orang sebaiknya bertanggung jawab dalam mengatur output ozonizer seiring dengan bertambahnya atau berkurangnya jumlah perokok. Jika ozone diatur untuk 40 perokok dan 30 meninggalkan ruangan, maka outputnya sebaiknya disesuaikan ke level yang lebih rendah, atau udara akan penuh dengan ozone yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan atau pusing.

PERKANTORAN DAN PERTOKOAN
(Bergantung pada ukuran ruangan dan level kontaminasi)

Prosedur yang sama digunakan seperti pada ruangan merokok kecuali, biasanya ada larangan merokok di kantor kantor dan took-toko, sehingga mungkin hanya dibutuhkan generator ozone yang lebih kecil.

DEODORISASI BARANG (Matras, Sofa, Baju, Buku, dll)

Bebauan yang sangat kuat seperti asap rokok, jamur, dll dapat dengan mudah dihilangkan dari matras, sofa, baju, buku dan lain lain. Anda dapat dengan mudah menggunakan sebuah ruangan yang cukup untuk memuat semua barang yang ingin dideodorisasi. Letakan fan untuk sirkulasi di dalam ruangan untuk menyalurkan ozone ke seluruh ruangan untuk mempenetrasi material sampai ke pori porinya. Jika memungkinkan, arahkan udara segar kearah generator ozone untuk mengurangi oxidasi komponen. Letakan barang yang akan dideodorisasi kedalam ruangan dan operasikan generator ozone pada posisi full. Prosedur ini mungkin akan memakan 1-72 jam tergantung pada keadaannya.
Untuk restorasi ruangan komersial, anda sebaiknya menggunakan 0.5-2 g/jam ozone untuk setiap 10m², bergantung pada berapa cepat pekerjaannya harus dilakukan dan seberapa buruk masalahnya. Dengan 0.5g/jam / 10m² anda harus melakukan proses ini selama 12-24 jam +, dengan 2 g/hr / 10m², hanya akan memakan waktu sekitar 4-8 jam.

Penting:
-    Jika baunya disebabkan oleh kontaminasi cairan
        seperti bau tidak enak dari kebocoran/ lembab, anda
        harus pertama tama memperbaiki bocornya atau
        masalah akan timbul kembali
-    Jika baunya disebabkan oleh kontaminasi cairan, area
        tersebut perlu dibersihkan dengan deodorizer cairan
        untuk memastikan baunya tidak akan datang kembali.


DECOMPOSED PROTEIN

Kontaminasi protein merupakan hasil dari produk makanan seperti susu, ikan, daging, telur, dll yang basi. Sumber lainnya adalah dari manusia atau bagian dari tubuh binatang (seperti darah, urine, dll), daging busuk, binatang yang telah membusuk, dll. Dalam semua kasus kontaminasi protein, sumber baunya harus pertama2 dibersihkan sebagai tahap pertama untuk deodorisasi. (Sangat direkomendasikan untuk menggunakan sarung tangan dan respirator untuk mengurangi eksposure terhadap kontaminasi yang mematikan). Selanjutnya, bersihkan area yang terkontaminasi atau lainnya dimana protein tersebut berada, dengan menggunakan cairan pembersih antiseptik untuk menghilangkan kontaminasinya. Lalu gunakan deodorizer cairan pada seluruh area yang terkontaminasi. Setelah proses di atas dilakukan dan telah mengering 100%, ozonizer boleh diletakkan di area yang terkontaminasi dan di set pada medium – high untuk menghilangkan bebauan yang disebabkan dari gas yang telah menyerap pada dinding dan furniture, dll. Gunakan fan yang kuat untuk membantu menekan ozone masuk kedalam pori pori dinding dan bahan furniture. Catatan : Ozone dapat diset pada setting low sebelum teknisi masuk ke dalam ruangan untuk mendeodorisasi udara untuk membuat suasana kerja lebih nyaman.
detail

Dimana dibutuhkan Ozonizer ?

 
Problem : Bau dari food court di shopping centre.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus




Problem : Bau amis pada proses pembuatan makanan karena bakteri.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus



   
Problem : Bau apek dari kamar hotel/ coridor.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus pada AHU/Shock Treatment pada waktu kamar kosong





Problem : Bau dan kontaminasi bakteri pada counter daging.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus





   
Problem : Bau apek dari ruang pertunjukan.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus pada AHU/Shock Treatment pada waktu kamar kosong





Problem : Asap/bau dari pub/disco/karaoke.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus/Shock Treatment





   
Problem : Bau obat dan sterilisasi.
Solusi    : Gunakan ECO-AIRE terus menerus/Shock Treatment
 
detail